5 TITIK LIBURAN SERU DI CIANJUR: Dari Cidaun sampai Cipanas

Salam travellers, Cianjur bukan saja kota makanan khas seperti tauco atau manisan, Cianjur adalah tempat liburan seru.

1. Pantai Jayanti -- Cidaun
Pantai Jayanti memiliki pemandangan yang menawan dan menarik untuk kota kunjungi. Pantai ini bersebelahan dengan cagar alam Bojong Larang dan pelabuhan nelayan. Pemandangan alami serta angin kencang dan ombak besar menjadi ciri pantai ini. Berlokasi di desa Cidamar, kec.Cidaun berjarak 140 km dari pusat kota Cianjur. Dekat pantai tersedia pasar ikan yang menyajikan ikan-ikan segar tangkapan para nelayan lokal.



2. Kebun Raya Cibodas -- Cipanas
Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Cibodas  Cipanas. Cianjur. Memiliki luas sekitar 125 Ha. Kebun raya cibodas ini merupakan tempat yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin  merasakan menyatu dengan alam. Di tempat ini, kamu bisa melihat sekitar 10.791 koleksi tanaman, 710 jenis koleksi biji-bijian, dan 4.850 koleksi herbarium.

Semua koleksi tanaman di tempat ini terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi yang terdapat di di rumah kaca  dan koleksi yang terdapat di kebun. Di rumah kaca terdapat koleksi tanaman yang terdiri dari anggrek (321 jenis), kaktus (287 jenis), dan sukulen (170 jenis). Tetapi, kamu masih bisa menemukan jenis tanaman liar yang terdapat di rumah kaca. Sedangkan koleksi tanaman yang terdapat di kebun berjumlah 1.011 jenis, diantaranya terdapat tanaman khas juga menarik seperti Bunga Bangkai (Amorphopallus Titanium) yang mempunyai ukuran bunga raksasa dan bisa menarik serangga, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang meruapakan tanaman tua dan memiliki pokok batang yang besar, serta Kina (Cinchona Pubescens) yang merupakan tanaman obat. Untuk menikmati semua fasilitas di Kebun Raya Cibodas, pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar 6 ribu rupiah.

3. Gunung Padang -- Campaka
Tempat wisata yang satu ini terletak di kampung Gunung Padang serta kampung Panggulangan, desa Karyamukti kec. Cempaka, Cianjur. Situs ini merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Tidak seperti situs megalitikum pada umumnya (seperti Machu Picchu, Piramida, Stonehenge) yang dibangun bertujuan untuk menyembah dewa matahari, situs ini dibangun diorientasikan seluruhnya untuk gunung Gede. Kenapa dikatakan begitu? Karena ini nampak dari pola bangunan punden berundaknya yang asimetris, dan tidak dibangun simetris ke semua sisi seperti candi borobodur, namun hanya mengarah ke satu sisi, yakni Gunung Gede. Oleh karenanya, Gunung Gede menempati posisi geomantik yang sangat kuat bagi situs Gunung padang.

Yang unik dari tempat wisata ini adalah ditemukannya bilah-bilah batuan yang dialokasikan sebagai alat musik. Hal ini merupakan penemuan pertama di Indonesia. Ada sekitar tiga bilah batu yang dapat mengeluarkan nada musik dengan dentingan (pitch) berfrekuensi sekitar 2600-5200 KHz. Di situs Gunung Padang ini ada sebuah sumur yang menurut kepercyaan warga sekitar bisa membuat kisah asmara dengan pasangan menjadi romantis dan dipenuhi cinta.

4. Kota Bunga -- Cipanas
Biasanya yang mengunjungi tempat ini adalah mereka yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kota dan ingin menjernihkan kembali pikirannya. Ditempat wisata ini, terdapat banyak villa yang disewakan agar kamu dan sekeluarga bisa menikmati sejuk serta segarnya kota Cianjur dan pemandangan yang luar biasa indah dan menawan di atas pegunungan.

Hal menarik lainnya, di sini terdapat suatu tempat yang bernama “Little Vience” atau sering disebut dengan cerminan kota venisia, kita dapat menikmati kota itu dan berkeliling dengan menggunakan cano dan kapal mini boat, bahkan terdapat juga merlionnya Singapore. Untuk bisa mendapatkan semua fasilitas itu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 35 ribu/ per orang. Selain Little Vience, di tempat ini juga terdapat objek wisata lainnya yakni permainan anak-anak dan penyewaan kuda tunggang.

5. Waduk Jangari -- Mande
Waduk Jangari berlokasi di Kecamatan Mande, Cianjur. Waduk ini dikenal sebagai tempat pembesaran ikan air tawar. Ikan mas merupakan salah salah satu ikan air tawar yang dipelihara di sini. Ikan yang dipelihara di sini memiliki kelebihan tersendiri, yakni ikannya bisa cepat besar juga dagingnya yang tidak berbau lumpur. Oleh karenanya, area ini cocok digunakan bagi kamu yang suka memancing. Selain itu kamu bisa menikmati segarnya kelapa muda serta lezatnya ikan bakar hasil pancinganmu di saung-saung yang sudah tersedia di area ini.

source: http://jabarekspres.com/wp-content/uploads/2016/04/resto-kampung-tumatis-danau-jangari.jpg
Tag : ARTIKEL
Back To Top